Ikal Taplai Lemhanas RI Kalbar Kibarkan Seribu Bendera Merah Putih di Water front City Pontianak

  • Bagikan
Pengibaran Bendera Merah Putih Oleh Ikal Taplai Lemhanas RI Kalbar di Water Front City Pontianak. Foto: Istimewa

KLIK KUBURAYA – Ikatan Alumni Keluarga Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Ikal Lemhanas RI) Pemantapan Nilai-nilai (Taplai) Kebangsaan Provinsi Kalimantan Barat Angkatan 2 melakukan pengibaran sekaligus pemasangan seribu bendera merah putih serentak di Water front City Benua Melayu Laut Pontianak, Sabtu 13 Agustus 2022.

Pengibaran seribu bendera merah putih dilakukan Ikal Taplai Lemhanas Ri Kalbar bersama TNI/ Polri, tokoh lintas etnis, tokoh pemuda, mahasiswa dan para pelajar serta melibatkan satu unit kapal KRI Srimbua Lantamal XII yang mengikuti seremonial dari tengah-tengah sungai Kapuas.

Ketua Ikal Taplai Lemhanas RI Kalbar, Edi Suhairul mengatakan bahwa, Ikatan Alumni Keluarga Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Ikal Lemhanas RI) Pemantapan Nilai-nilai (Taplai) Kebangsaan Provinsi Kalimantan Barat Angkatan 2 menggagas gerakan pengibaran 1.000 bendera merah putih dalam rangka menyambut HUT ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Kegiatan pengibaran 1.000 bendera merah putih ini dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI dan sekaligus untuk mengingatkan jasa-jasa dari pendiri bangsa dan para pejuang yang telah memperjuangkan kemerdekaan dengan mengorbankan harta benda bahkan nyawa dalam merebut kemerdekaan ini,” ujar Edi.

Edi juga mengatakan, pengibaran bendera ini dilakukan untuk memberi semangat sekaligus mengingatkan kembali kepada masyarakat yang belum memasang bendera di hari kemerdekaan ini untuk melakukan pengibaran bendera merah putih di tempatnya masing-masing.

“Seribu bendera yang kita kibarkan sebagai gaung semangat perjuangan para pendiri bangsa Ini, kita tidak lagi berjuang memikul senjata atau membawa bambu runcing, tapi saat ini kita hanya tinggal memperingati dan menghargai dari perjuangan para pendiri bangsa ini dengan mengibarkan bendera di HUT Kemerdekaan Republik Indonesia,” tegas Edi.

Lebih lanjut Edi mengatakan bahwa, gerakan pengibaran seribu bendera merah putih, menggambarkan kekuatan yang didasari Nasionalisme yang tetap menjaga persatuan dan kesatuan sekaligus merapat dan menjaga bersama-sama persatuan dan kesatuan tersebut.

Edi juga menyinggung adanya beberapa warga yang tidak atau lupa mengibarkan bendera merah putih maka Ikal Taplai Lemhanas RI Kalbar bersama dengan elemen peserta gerakan pengibaran 1.000 bendera akan mendatangi dan memberikan bendera untuk di pasang dan dikibarkan.

  • Bagikan